Fungsi dan Proses Kerja Komputer
Fungsi dan proses kerja komputer
Komputer merupakan
rangkaian dari berbagai komponen dan periferal. Periferal adalah perangkat
input/output yang merupakan bagian dari pendukung sistem. Secara garis
besar, komputer terdiri dari empat komponen penunjang utama yaitu : perangkat masukan (input devices), perangkat
pemrosesan (CPU), perangkat penyimpanan (storage devices) & perangkat
keluaran (output devices).
· Perangkat Masukan (Input Devices)
Perangkat masukan merupakan
perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer. Sinyal
input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer. Contoh :
mouse, keyboard, joystick, scanner, microphone, dan lain-lain.
· Perangkat Pemrosesan (Process Devices)
CPU
Perangkat pemrosesan merupakan pusat
pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Peralatan pemrosesan
terdiri dari Control Unit (CU), Arithmatic Logic Unit (ALU) dan Memory
Control Unit
CU bertugas untuk menerjemahkan perintah
atau instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian
komputer. Bagian ini merupakan kerja processor yang mengendalikan seluruh kerja komputer
Arithmatic Logic Unit
Berfungsi untuk memproses data melalui
perhitungan penambahan & pengurangan, perbandingan serta logika
Memory
Memory adalah penampung atau penyimpan
data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Besarnya
kapsitas memori dinyatakan dalam satuan Byte, KByte, Mbyte, Gbyte. Memori
internal : ROM & RAM.
ROM (read only memory)
Merupakan memori yang bersifat permanen,
yang dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. ROM berfungsi untuk
menyimpan program operasi komputer : BIOS & booting
RAM
Merupakan memori yang bersifat sementara,
jika komputer mati maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang.
· Perangkat Penyimpanan
(Storage Devices)
Peralatan penyimpanan adalah perangkat
yang digunakan untuk menyimpan data, informasi instruksi, maupun
program. Contoh peralatan penyimpanan : harrdisk, flashdisk, disket
· Perangkat Keluaran (Output Devices)
Peralatan keluaran merupakan perangkat
komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil kerja komputer
Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil
kerja pemrosesan komputer secara visual baik berupa gambar maupun data
Printer
Merupakan alat untuk mencetak informasi
dalam bentuk tulisan maupun gambar di kertas
Speaker
Perangkat keluaran untuk mengeluarkan
suara (bunyi)
Fungsi, Proses Kerja Komputer, dan
Peralatan TIK
Fungsi
Komputer dan Peralatan Komputer TIK
· Kemampuan
peralatan teknologi informasi yang dapat digunakan pada berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi lainnya disebut KONVERGENSI.
· Dalam
teknologi yang konvergensi ini, jaringan internet, HP, telepon, komputer PDA
dapat daling dihubungkan untuk mengakses suatu informasi. Handphone dapat
kita gunakan sebagai modem yang dihubungkan dengan komputer, teknologi HP
dengan GPRS (General Packet Radio Service) yang dilengkapi dengan bluetooth
dan sinar infra red (IR) dapat dihubungkan pada komputer atau
laptop sehingga memudahkan kita untuk mencari informasi, berkomunikasi
melalui internet dimana saja.
· Komputer
sebagai peralatan TIK memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
· Sebagai
media informasi
· Sebagai
media komunikasi
· Sebagai
media transaksi
· Sebagai
media hiburan
Proses
Kerja Komputer & Peralatan TIK
· Komputer
bekerja dengan aturan-aturan tertentu yang membutuhkan program sebagai
perangkat lunak dan brainware sebagai pengendali (operatornya).
· Proses
kerja komputer mengalami suatu siklus yaitu input – proses – output.
· Input
yang diproses oleh komputer adalah bilangan biner yaitu bilangan 1 dan 0 yang
kemudian dikeluarkan menjadi suatu informasi.
· Proses kerja
komputer sebagai media komunikasi didukung oleh peralatan tambahan
(peripheral) yaitu modem. Modem (Modulator-Demodulator) adalah suatu alat
yang menerima sinyal analog dan mengubahnya menjadi sinyal sigital atau
mengubah sinyal digital menjadi analog. Modem dipasang pada komputer,
kemudian untuk mengakses internet, kita harus mendaftarkan pada ISP.
· Ada
tiga elemen dalam sistem komputer yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu
:
· Hardware, peralatan
komputer yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah. Secara umum
fungsi dari hardware dibagi menjadi 3 kategori komponen yaitu input,
output, dan storage, ketiganya selalu berhubungan dengan
microprocessor.
· Software
/ perangkat lunak, adalah program yang berisi
instruksi / perintah untuk melakukan pengolahan data. Software merupakan
satu set instruksi komputer yang digunakan untuk memanipulasi data.
· Brainware, adalah
manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Berdasarkan
tugasnya, brainware dibagi empat tingkatan pengguna, yaitu :
· Data
Entry, adalah pengguna komputer yang
bertugas untuk memasukkan data yang pekerjaannya berulang-ulang. Contohnya
Kasir pada kassa pasar swalayan.
· Operator, adalah
penguna komputer yang bertugas untuk memasukkan data dan
mengolahnya hingga menjadi informasi. Contohnya operator bagian
akuntansi.
· Programmer, adalah
pengguna komputer yang bertugas membuat perangkat lunak atau
software aplikadi dengan bahasa pemrograman tertentu. Misalnya programmer
software sistem akuntansi dan sistem administrasi sekolah.
· Analis
Sistem, yaitu pengguna komputer yang
bertugas merancang suatu program dan dapat bertindak sebagai konsultan
pada rekayasa perangkat lunak, contohnya konsultan web.
Data
dan Informasi
· Data
adalah fakta atau kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta),
dapat berupa angka, huruf, simbol, atau yang direkam ke dalam berbagai
bentuk media.
· Data
diolah menggunakan Pengolahan Data Elektronik (PDE)/Electronic Data
Processing (EDP).
· Pengolah
data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih
berguna dan lebih berarti yaitu berupa suatu informasi.
· Informasi
adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk
yang lebih bermakna dari suatu fakta.
· Informasi
dapat ditayangkan atau disampaikan ke suatu tujuan yang jauh menggunakan
peralatan-peralatan seperti:
· Komputer,
yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi
menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
· Proyektor
LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk menayangkan informasi
yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player.
Alat ini memiliki keunggulan karena mampu menayangkan informasi berformat
video. Proyektor LCD sering digunakan sebagai alat presentasi atau media
pembelajaran di kelas.
· OHP
(Over Head Projector), yaitu alat untuk menayangkan informasi statis yang
tertulis pada plastik transparansi. Tidak seperti proyektor LCD, OHP hanya
dapat menayangkan gambar diam. Alat ini muncul lebih dulu sebelum
proyektor LCD ditemukan.
· Radio,
yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa
gelombang elektro-magnet yang membawa informasi suara. Gelombang ini
melintas dan merambat melalui udara, bahkan merambat melalui ruang angkasa
yang hampa udara.
· Televisi,
yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal
dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual). Artinya, informasi dapat
dipancarkan dari jarak jauh dan penerima informasi membutuhkan sebuah alat
yang disebut televisi untuk menerima informasi dalam bentuk suara dan
visual.
· Internet,
yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap
komputer saling bertukar informasi. Hubungan antar komputer ini menggunakan
apa yang disebut protokol Internet (Internet Protocol). Internet
menghubungkan komputer di seluruh dunia yang jumlahnya dapat mencapai
ratusan juta buah.
· GPS
(Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan
letak,arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi. Umumnya,
GPS ditempatkan di mobil atau kendaraan lainnya. Dengan GPS, pengendara
mobil dapat mengetahui posisinya setiap saat.
· Faximile,
yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon.
Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli.
Secara sederhana, cara kerja faximile mirip dengan mesin fotokopi atau
scanner, hanya saja outputnya keluar di tempat yang jarak jauh. Tentu
saja, pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki mesin faximile agar
dapat mengirim informasi dengan cara ini.
· Satelit
komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa
untuk keperluan telekomunikasi. Ada bermacam-macam fungsi satelit,
misalnya untuk memancarkan sinyal dari stasiun televisi. Gelombang yang dipancarkan
stasiun televisi dipancarkan ke ruang angkasa terlebih dahulu dan diterima
oleh satelit, kemudian baru diteruskan ke wilayah yang sulit dijangkau
oleh antena pemancar di permukaan bumi.Selain untuk siaran televisi,
satelit juga digunakan untuk keperluan militer dan navigasi.
· Telepon,
yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.
Alat yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell ini menggunakan kabel
sebagai media penghantar.
· Handphone
atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data
suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media
penghantar. Kelebihan telepon seluler dibanding telepon biasa adalah
sifatnya yang mudah dibawa. Di Indonesia, ada dua jenis jaringan telepon
seluler, yaitu jaringan GSM (Global System for Mobile Telecommunications)
dan jaringan CDMA (Code Division Multiple Access). Dewasa ini, telepon seluler
tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi suara saja. Banyak fitur lain yang
dimiliki telepon seluler, di antaranya SMS (Short Message Services), MMS
(Multimedia Messaging Services), WAP (Wireless Application Protocol), GPRS
(General Packet Radio Services), video call, radio FM, dan televisi.
· Modem,
yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi
sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem
merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet.
· Syarat-syarat
tentang informasi yang baik dan lengkap adlh sbg berikut :
· Ketersediaan
(Availability)
· Mudah
dipahami (Comprehensip)
· Relevan
· Bermanfaat
· Tepat
waktu
· Keandalan
(Reliability)
· Akurat
· Konsisten
· Cara
pengolahan data untuk menjadi suatu informasi dapat terdiri dari berbagai macam
cara yaitu:
· Manual
dengan sempoa
· Mekanis
dengan mesin register
· Elektris
dengan kalkulator (warung kecil / kelontong)
· Elektronik
dengan komputer (kassa pada swalayan)
Sistem
Informasi
· Proses
menghasilkan informasi melalui tahapan Input – Proses – Output disebut sebagai
siklus proses informasi. Artinya bila tahap telah sampai pada output maka
output tersebut dapat dijadikan input kembali.
· Pengolahan
data menggunakan komputer di kenal dengan istilah EDPS (Electronic
Data Processing System).
· Elemen-elemen
perangkat keras yang menyusun sebuah komputer terdiri atas perangkat
input, proses dan output.
· Unit
Input (Input Device)
· Dalam
proses pemasukan data diperlukan suatu peralatan masukan yang disebut sebagai
alat input (input device), data kemudian diubah ke dalam bentuk dasar data
digital, kemudian diolah lagi menjadi bentuk yang dimengerti oleh mesin.
· Unit
Pemroses (Process Device)
· Pada
pemrosesan data untuk menghasilkan informasi, dibutuhan beberapa elemen
seperti Storage (penyimpanan), Kontrol Unit, Central Proccessing Unit
(CPU).
· Unit
Keluaran (Output Device)
· Data
yang dimasukkan pada alat masukan pada komputer dan telah diproses akan
dikeluarkan melalui piranti keluaran.
· Peralatan
Input
· Input
Device berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
· Contoh
– contoh input device adalah :
· Keyboard
· Keyboard
Serial
· Keyboard
PS/2
· Keyboard
Wireless
· Keyboard
USB
· Mouse
· Mouse
Serial
· Mouse
PS/2
· Mouse
Wireless
· Mouse
USB
· Kamera
· Seiring
dengan perkembangan teknologi, pengguna kamera juga telah banyak yang
beralih kepada kamera yang memiliki hubungan dengan komputer dengan
pertimbangan kemudahan dalam pengeditan dan penambahan komponen.
· Joystick
· Pengguna
game membutuhkan perangkat ini untuk memudahkan mereka melakukan
manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard dan
mouse. Jenis joystick yang dapat digunakan pada komputer juga amat banyak,
termasuk dengan jenis khusus yang digunakan untuk game balap yang
dilengkapi dengan roda kemudi dan pedal.
· Masih
banyak lagi input Device yang biasa digunakan dalam kehidupan
sehari-hari, utamanya dalam pemakaian khusus yang memerlukan kontrol
langsung dari sistem komputer.
· Peralatan
Output
· Output
Device adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil
pengolahan data / perintah yang telah dilakukan oleh komputer.
· Contoh-contoh
output Device adalah:
· Monitor
· Monitor
merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi untuk melihat hasil
pengolahan data pada layar, baik berupa karakter, gambar maupun
warna.
· Secara
umum, monitor terbagi atas :
· CRT
(Cathode Rays Tube)
· LCD
(Liquid Crystal Display)
·
Printer
· Printer
berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh Process Device.
· Secara
garis besar, printer terbagi atas 3 bagian, yaitu :
· Printer
Dot Matrix
· Printer
Inkjet
· Printer
Laser Jet
·
Plotter
· Plotter
memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang membedakan adalah ukuran dan
peruntukan dari plotter tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas
dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar
ukuran besar lainnya. Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup
pesat, yang dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak,
hingga saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laserjet).
· Speaker
· Fungsi
speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem.
Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada
komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak
tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan output sound
mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan yang
lebih.
· Peralatan
Pemroses
· Pada
bagian inilah seluruh data yang diberikan oleh Input Device diolah dan
selanjutnya diteruskan kepada Output Device. Seluruh unjuk kerja komputer
amat bergantung pada komponen-komponen pada bagian ini.
· Komponen-komponen
Process Device adalah:
· Processor
· Komponen
kecil ini adalah inti dari sebuah komputer. Dalam komponen inilah seluruh
perhitungan matematis yang amat rumit dilakukan. Singkat kata, kecepatan,
kehandalan dan kompabilitas PC ditentukan oleh Processornya. Processor
dapat dibedakan dari perbedaan jumlah data bus-nya. Misalkan ada processor
8 bit, itu berarti processor tersebut memiliki 8 data bus. Ada
beberapa produsen processor untuk PC, seperti Intel, AMD, Cyrix dan
Winchip IDT.
· Motherboard
· Motherboard/Mainboard
atau “papan induk” merupakan papan sirkuit terbesar pada komputer dan
merupakan "badan" yang menghubungkan seluruh unit pada
sistem komputer. Fungsi motherboard secara keseluruhan adalah tempat utama
untuk memasang peripheral lain, seperti Processor, Memori, VGA Card, dan
lain-lain. Motherboard juga memiliki beberapa produsen, diantaranya adalah
Intel, Asus, Iwill, Abit, DFI, Gigabyte, dll.
· Komponen
pokok pada motherboard terdiri dari:
· Socket/Slot
processor
· Chipset
(Northbridge dan Southbridge)
· Super
I/O Chip
· ROM
BIOS
· Socket
memory (SIMM/DIMM/RIMM)
· Slot
Bus (Jenis ISA/PCI/AGP)
· Voltage
Regulator
· Baterry
CMOS
· Motherboard
dibedakan menurut tipe processor yang didukung dan form factor (bentuk
dan ukuran) dari motherboard. Dari socket/slot processor yang terpasang
dapat diketahui jenis processor yang sesuai untuk motherboard
tersebut.
· Memori
Eksternal
· SIMM
(Single In-Line Memori Module)
· DIMM
(Dual In-Line Memori Module)
· SDRAM
(Synchronous DRAM)
· ECC RAM
(Error Checking and Correction RAM)
· BEDO
RAM (Burst EDO RAM)
· SLDRAM
(SyncLink DRAM)
· DDRAM
(Double Data Rate RAM)
· Expansion Card
· Card-card
tambahan yang terpasang pada komputer dan memiliki berbagai fungsi, antara
lain:
· VGA
card: menghubungkan dan mengolah output yang berupa data ke monitor
· Sound
card: memproses output berupa suara dan musik yang kemudian diteruskan
ke speaker
· NIC
(Network Interface Card) atau biasa dikenal dengan LAN card yang berfungsi
untuk menghubung-kan komputer untuk akses internet atau jaringan antar
komputer.
· Fungsi
dari masing-masing bagian komponen dalam pemrosesan data pengolah dengan
komputerisasi adalah :
· Port
Keyboard (Port untuk menghubungkan keyboard
dengan monitor)
· Slot
Ekspansi (Tempat memasang card-card yang
mempunyai beragam fungsi, seperti sound card, modem, VGA card)
· Prosessor (Mesin
utama pemroses data)
· Memori
(RAM) (Tempat penyimpanan sementara
komputer)
· Soket
IDE (Penghubung piranti masukan atau
penyimpanan berupa harddisk, dan CDROM)
· Socket
Printer (LPT 1) (Port sarana penghubung printer dan
komputer)
· Socket Serial
(COM1 dan COM2)(Penghubung mouse dan modem eksternal)
· Soket
Universal Serial Bus (USB) (Dapat digunakan untuk memasang
modem, mouse, keyboard, flashdisk)
FUNGSI DAN PROSES KERJA KOMPUTER
Peralatan Teknologi Informasi
- Radio, mesin elektronik penerima sinyal audio dari stasiun pemancar radio
- Televisi, mesin elektronik penerima sinyal audio-video dari stasiun pemancar televisi
- Komputer, mesin elektronik pengolah data digital
Peralatan Teknologi Komunikasi
- Satelite Telekomunikasi, penerima dan pengirim kembali sinyal telekomunikasi dari
stasiun bumi ke stasiun bumi lainnya
- Modem, singkatan dari Modulator-Demodulator.
Peralatan Teknologi Informasi
- Radio, mesin elektronik penerima sinyal audio dari stasiun pemancar radio
- Televisi, mesin elektronik penerima sinyal audio-video dari stasiun pemancar televisi
- Komputer, mesin elektronik pengolah data digital
Peralatan Teknologi Komunikasi
- Satelite Telekomunikasi, penerima dan pengirim kembali sinyal telekomunikasi dari
stasiun bumi ke stasiun bumi lainnya
- Modem, singkatan dari Modulator-Demodulator.
Pada
sisi pengiriman, sinyal digital
data ditumpangkan pada sebuah sinyal analog pembawa. Pada sisi penerima, sinyal
digital data dipisahkan kembali dari sinyal analog pembawanya.
- Telepon, mesin elektronik yang memungkinkan dilakukannya percakapan jarak jauh
dua arah
- Faksimile, mesin elektronik yang memungkinkan dilaksanakannya pengiriman atau
penerimaan informasi teks/gambar dengan sistem reproduksi fotografi jarak jauh.
Secara teknis, sebuah komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Ini berarti dapat melaksanakan daftar instruksi program dan merespons instruksi yang baru diberikan
Arsitektur Komputer
- Arsitektur mesin komputer modern saat ini masih didasarkan pada arsitektur von
Neumann yang diperkenalkan pada tahun 1940
- Arsitektur von Neumann membagi mesin computer menjadi 4 bagian utama:
1. Bagian pelaksana perhitungan matematika
2. Bagian pengendali proses
3. Bagian penyimpanan
4. Bagian yang menangani masukan/keluaran
Generasi Komputer:
1. Komputer generasi pertama, memakai tabung hampa (vaccum tube) dan drum memory, sehingga komputer pada generasi ini memiliki ukuran fisik relatif besar
2. Komputer generasi kedua, memakai komponen transistor dan memori inti magnetik. Memiliki ukuran fisik lebih kecil dari generasi sebelumnya.
3. Komputer generasi ketiga, memakai komponen rangkaian terpadu (IC). Pada generasi inilah mulai terjadi miniaturisasi komputer
4. Komputer generasi keempat, memakai komponen rangkaian terpadu skala besar (LSI)
Kategori Komputer
Berdasar teknologi, fungsi, ukuran fisik, harga, kinerja
Microcomputerl
Disebut komputer pribadi (personal computer)¡
Harga relatif murah¡
Kecepatan sekitar 500 juta operasi per detik¡
Stand-alone atau terhubung adalam jaringan¡
Minicomputerl
Lebih powerful daripada microcomputer¡
Dapat melakukan pemrosesan untuk beberapa pengguna dari terminal yang terhubung¡
Terminal adalah piranti input dan output yang mirip dengan microcomputer karena mempunyai keyboard dan layar tetapi tidak mempunyai kemampuan pemrosesan¡
Mainframel
Lebih powerful daripada minicomputer¡
Melayani lebih dari satu pengguna (users) – bisa sampai ribuan user¡
Sering terdiri dari beberapa CPU dengan peruntukan yang berbeda-beda¡
Supercomputerl
Awalnya didesain untuk pekerjaan yang memerlukan komputasi yang intensif (compute-intensive tasks) seperti pemodelan molekul, peramalan cuaca¡
Dapat memproses lebih dari 1 triliun instruksi per detik¡
Melayani lebih dari satu pengguna (users)¡
Data dan Informasi
Data
- adalah istilah majemuk dari kata “datum” berarti fakta atau bagian dari fakta
mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, dapat berupa angka, huruf,
simbol, kata kata yang menunjukkan suatu ide objek, kondisi, atau situasi
- Data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja
- Kumpulan fakta dari kesimpulan yang dapat ditarik
Informasi
- Sebuah pesan yang diterima dan bisa dipahami
- Pengetahuan yang diperoleh melalui studi atau pengalaman atau instruksi.
Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
• Definisi Teknologi Informasi
o Adalah studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan atau menajemen berbasis system informasi computer, khususnya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras computer.
o Teknologi informasi berkaitan dengan penggunaan mesin dan software komputer untuk mengubah, menyimpan, melindungi, mengolah, mengirimkan dan aman mengambil informasi
• Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
o Adalah istilah umum yang mencakup semua teknologi canggih dalam memanipulasi dan mengkomunikasikan informasi
Siklus Pemrosesan Informasi
Elemen siklus pemrosesan informasi
- Masukan (input)
- Pemroses (prosessor)
- Keluaran (output)
INPUT =>> PROSES =>> OUTPUT
Input device
- sebagai piranti pemberi masukan ke system computer, baik berupa perintah maupun
Data, contoh : Mouse, Keyboard, Scanner, Microphone, dsb
Central Processor Unit
- CPU sebagai bagian pusat pengolah dari data masukan menjadi informasi keluaran
- CPU adalah bagian komputer yang mengeksekusi instruksi untuk memproses data.
- Terdiri dari:
o Control Unit
o Aritmatic Logic Unit
o Memory
- CPU mengambil data dari RAM, memprosesnya, dan mengirimkan hasilnya ke RAM untuk disimpan atau ditampilkan
- Control unit mengarahkan dan mengkoordinasi pemrosesan
- ALU melakukan operasi aritmetika dan logika
Memori Komputer
o Read Only Memory (ROM), memory yang hanya bisa sibaca isinya saja
o Random Access Memory (RAM), memory yang bisa diakses secara acak. RAM bisa dibaca dan ditulisi data
Storage Device
o Internal Storage Device, perangkat penyimpan internal yang dipakai untuk menyimpan instalasi program serta file file kerja. Contohnya: harddisk
o Eksternal Storage Device, perangkat penyimpanan luar yang umumnya hanya dipakai untuk menympan file file kerja saja, dan juga file file mentah dari program aplikasi computer, contoh: compact dict (CD), disket, flash disk, dll
Output Device
Output divice sebagai piranti penampil informasi ke peripheral peripheral yang sesuai§
Contoh: monitor, printer, active speaker, dll§
Hardware Komputer
Microprocessorv
o Merupakan pusat dari pengolahan informasi
o Kecepatan pemrosesan ditentukan berdasarkan frekuensi sinyal trigger (clock) yang memicu microprosessor tersebut
o Frekuensi clock diukur dalam satuan MHz atau GHz
o Frekuensi clock menentukan kinerja computer dalam mengolah informasi
Random Acces Memory (RAM)v
o RAM adalah area dalam sistem komputer yang menyimpan data secara temporer/sementara sebelum dan sesudah diproses
o RAM bersifat volatile, membutuhkan tenaga untuk menyimpan data
o RAM adalah “ruang tunggu” prosesor komputer
o Kapasitas penyimpanan RAM diukur dalam MB (megabyte)
o Kecepatan RAM diukur dalam nanosecond
o RAM dipasang pada slot memory yang tersedia pada motherboard
Harddiskv
o Merupakan media penyimpanan permanent untuk data dan instalasi program
o Harddisk termasuk piranti penyimpan yang bersifat non-volatile
o Kapasitas harddisk diukur dalam satuan Gigabyte
VGA Cardv
o Piranti penampung outout untuk diumpankan ke piranti penampil (layer monitor
o Kualitas sebuah VGA Card ditentukan berdasarkan nilai resolusi dan kedalaman warna, serta kapasitas memori penampung yang dimilikinya.
Monitorv
o Piranti penampil proses pemasukan, pengolahan serta proses pengeluaran
o Kualitas sebuah monitor ditentukan berdasarekan kemampuannya menampilkan citra digital, baik dari resolusi maupun kedalaman warnanya
o Umumnya monitor mampu menampilkan citra digital dengan resolusi hingga 1024x768 pixel, serta kedalaman warna hingga 32 bit
o Faktor-faktor lain yang menentukan kualitas monitor adalah:
1. Bandwidth yaitu rentang frekuensi sinyal yang dapat didukung oleh monitor, yang menentukan seberapa banyak data yang dapat diproses dan seberapa cepat monitor dapat merefresh pada resolusi yang tinggi;
2. Refresh rate yaitu berapa kali monitor direfresh (ditampilkan-ulang), dan untuk menghindari tampilan yang berkedip-kedip, refresh rate minimal 72 Hz;
3. Interlaced atau noninterlaced. Interlacing adalah teknik untuk membuat monitor mempunyai resolusi yang lebih baik, tetapi ini akan mengurangi kecepatan reaksi monitor;
4. Dot pitch yaitu banyak ruang antarpiksel, yang berarti semakin kecil dot pitch semakin jelas citra yang dihasilkan; dan
5. Korvergensi yang berarti tingkat kejelasan dan ketajaman setiap piksel.
Sound Cardv
o Piranti yang memungkinkan pengguna computer bisa memberikan input suara (via microphone) serta menampilkan output suara (via active speaker)
o Pada perangkat ini terjadi konversi bentuk analog menjadi format digital atau sebaliknya.
LAN Card (NIC)v
o Piranti yang memungkinkan sebuah komputer bisa terhubung ke jaringan komputer
Power Supply Unit (PSU))v
Piranti penyedia sumber arus listrik bagi seluruh perangkat sistem yang ada
Mouse, piranti penunjuk (pointing divice) untuk memberikan masukan dalam bentuk menu yang disajikan oleh dalam programv
Keyboard, Piranti pemberi masukan data (dan juga perintah dengan cara menekan tomnol2 kunci yang tersedia di dalamnyav
CD Drivev
- Piranti penggerak dan pembaca file pada media compact disk
- CD Drive yang berfungsi hanya membaca file saja sering disebut CD ROM
- CD Drive yang mempunyai kemampuan membaca maupun menulis file
dalam media compact disc disebut sebagai CD R/W drive
Peripheralv
o Printer, untuk mencetak keluaran pada media kertas
o Scanner untuk memindah citra analog menjadi citra digital
o LCD Projector, untuk memproyeksikan keluaran dari computer ke sebuah layer lebar
o Microphone, untuk memberikan masukan suara analog ke computer serta mengubahnya menjadi format digital
o Active Speaker, untuk menampilkan keluaran berupa audio/suara
o Webcam, untuk memberikan masukan berupa citra bergerak (video) maupun photo (still image)
o Headset, Untuk menampilkan keluaran berupa suara sekaligus dapat juga dipakai untuk memberikan masukan suara ke computer.
data ditumpangkan pada sebuah sinyal analog pembawa. Pada sisi penerima, sinyal
digital data dipisahkan kembali dari sinyal analog pembawanya.
- Telepon, mesin elektronik yang memungkinkan dilakukannya percakapan jarak jauh
dua arah
- Faksimile, mesin elektronik yang memungkinkan dilaksanakannya pengiriman atau
penerimaan informasi teks/gambar dengan sistem reproduksi fotografi jarak jauh.
Secara teknis, sebuah komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Ini berarti dapat melaksanakan daftar instruksi program dan merespons instruksi yang baru diberikan
Arsitektur Komputer
- Arsitektur mesin komputer modern saat ini masih didasarkan pada arsitektur von
Neumann yang diperkenalkan pada tahun 1940
- Arsitektur von Neumann membagi mesin computer menjadi 4 bagian utama:
1. Bagian pelaksana perhitungan matematika
2. Bagian pengendali proses
3. Bagian penyimpanan
4. Bagian yang menangani masukan/keluaran
Generasi Komputer:
1. Komputer generasi pertama, memakai tabung hampa (vaccum tube) dan drum memory, sehingga komputer pada generasi ini memiliki ukuran fisik relatif besar
2. Komputer generasi kedua, memakai komponen transistor dan memori inti magnetik. Memiliki ukuran fisik lebih kecil dari generasi sebelumnya.
3. Komputer generasi ketiga, memakai komponen rangkaian terpadu (IC). Pada generasi inilah mulai terjadi miniaturisasi komputer
4. Komputer generasi keempat, memakai komponen rangkaian terpadu skala besar (LSI)
Kategori Komputer
Berdasar teknologi, fungsi, ukuran fisik, harga, kinerja
Microcomputerl
Disebut komputer pribadi (personal computer)¡
Harga relatif murah¡
Kecepatan sekitar 500 juta operasi per detik¡
Stand-alone atau terhubung adalam jaringan¡
Minicomputerl
Lebih powerful daripada microcomputer¡
Dapat melakukan pemrosesan untuk beberapa pengguna dari terminal yang terhubung¡
Terminal adalah piranti input dan output yang mirip dengan microcomputer karena mempunyai keyboard dan layar tetapi tidak mempunyai kemampuan pemrosesan¡
Mainframel
Lebih powerful daripada minicomputer¡
Melayani lebih dari satu pengguna (users) – bisa sampai ribuan user¡
Sering terdiri dari beberapa CPU dengan peruntukan yang berbeda-beda¡
Supercomputerl
Awalnya didesain untuk pekerjaan yang memerlukan komputasi yang intensif (compute-intensive tasks) seperti pemodelan molekul, peramalan cuaca¡
Dapat memproses lebih dari 1 triliun instruksi per detik¡
Melayani lebih dari satu pengguna (users)¡
Data dan Informasi
Data
- adalah istilah majemuk dari kata “datum” berarti fakta atau bagian dari fakta
mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, dapat berupa angka, huruf,
simbol, kata kata yang menunjukkan suatu ide objek, kondisi, atau situasi
- Data dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja
- Kumpulan fakta dari kesimpulan yang dapat ditarik
Informasi
- Sebuah pesan yang diterima dan bisa dipahami
- Pengetahuan yang diperoleh melalui studi atau pengalaman atau instruksi.
Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
• Definisi Teknologi Informasi
o Adalah studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan atau menajemen berbasis system informasi computer, khususnya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras computer.
o Teknologi informasi berkaitan dengan penggunaan mesin dan software komputer untuk mengubah, menyimpan, melindungi, mengolah, mengirimkan dan aman mengambil informasi
• Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi
o Adalah istilah umum yang mencakup semua teknologi canggih dalam memanipulasi dan mengkomunikasikan informasi
Siklus Pemrosesan Informasi
Elemen siklus pemrosesan informasi
- Masukan (input)
- Pemroses (prosessor)
- Keluaran (output)
INPUT =>> PROSES =>> OUTPUT
Input device
- sebagai piranti pemberi masukan ke system computer, baik berupa perintah maupun
Data, contoh : Mouse, Keyboard, Scanner, Microphone, dsb
Central Processor Unit
- CPU sebagai bagian pusat pengolah dari data masukan menjadi informasi keluaran
- CPU adalah bagian komputer yang mengeksekusi instruksi untuk memproses data.
- Terdiri dari:
o Control Unit
o Aritmatic Logic Unit
o Memory
- CPU mengambil data dari RAM, memprosesnya, dan mengirimkan hasilnya ke RAM untuk disimpan atau ditampilkan
- Control unit mengarahkan dan mengkoordinasi pemrosesan
- ALU melakukan operasi aritmetika dan logika
Memori Komputer
o Read Only Memory (ROM), memory yang hanya bisa sibaca isinya saja
o Random Access Memory (RAM), memory yang bisa diakses secara acak. RAM bisa dibaca dan ditulisi data
Storage Device
o Internal Storage Device, perangkat penyimpan internal yang dipakai untuk menyimpan instalasi program serta file file kerja. Contohnya: harddisk
o Eksternal Storage Device, perangkat penyimpanan luar yang umumnya hanya dipakai untuk menympan file file kerja saja, dan juga file file mentah dari program aplikasi computer, contoh: compact dict (CD), disket, flash disk, dll
Output Device
Output divice sebagai piranti penampil informasi ke peripheral peripheral yang sesuai§
Contoh: monitor, printer, active speaker, dll§
Hardware Komputer
Microprocessorv
o Merupakan pusat dari pengolahan informasi
o Kecepatan pemrosesan ditentukan berdasarkan frekuensi sinyal trigger (clock) yang memicu microprosessor tersebut
o Frekuensi clock diukur dalam satuan MHz atau GHz
o Frekuensi clock menentukan kinerja computer dalam mengolah informasi
Random Acces Memory (RAM)v
o RAM adalah area dalam sistem komputer yang menyimpan data secara temporer/sementara sebelum dan sesudah diproses
o RAM bersifat volatile, membutuhkan tenaga untuk menyimpan data
o RAM adalah “ruang tunggu” prosesor komputer
o Kapasitas penyimpanan RAM diukur dalam MB (megabyte)
o Kecepatan RAM diukur dalam nanosecond
o RAM dipasang pada slot memory yang tersedia pada motherboard
Harddiskv
o Merupakan media penyimpanan permanent untuk data dan instalasi program
o Harddisk termasuk piranti penyimpan yang bersifat non-volatile
o Kapasitas harddisk diukur dalam satuan Gigabyte
VGA Cardv
o Piranti penampung outout untuk diumpankan ke piranti penampil (layer monitor
o Kualitas sebuah VGA Card ditentukan berdasarkan nilai resolusi dan kedalaman warna, serta kapasitas memori penampung yang dimilikinya.
Monitorv
o Piranti penampil proses pemasukan, pengolahan serta proses pengeluaran
o Kualitas sebuah monitor ditentukan berdasarekan kemampuannya menampilkan citra digital, baik dari resolusi maupun kedalaman warnanya
o Umumnya monitor mampu menampilkan citra digital dengan resolusi hingga 1024x768 pixel, serta kedalaman warna hingga 32 bit
o Faktor-faktor lain yang menentukan kualitas monitor adalah:
1. Bandwidth yaitu rentang frekuensi sinyal yang dapat didukung oleh monitor, yang menentukan seberapa banyak data yang dapat diproses dan seberapa cepat monitor dapat merefresh pada resolusi yang tinggi;
2. Refresh rate yaitu berapa kali monitor direfresh (ditampilkan-ulang), dan untuk menghindari tampilan yang berkedip-kedip, refresh rate minimal 72 Hz;
3. Interlaced atau noninterlaced. Interlacing adalah teknik untuk membuat monitor mempunyai resolusi yang lebih baik, tetapi ini akan mengurangi kecepatan reaksi monitor;
4. Dot pitch yaitu banyak ruang antarpiksel, yang berarti semakin kecil dot pitch semakin jelas citra yang dihasilkan; dan
5. Korvergensi yang berarti tingkat kejelasan dan ketajaman setiap piksel.
Sound Cardv
o Piranti yang memungkinkan pengguna computer bisa memberikan input suara (via microphone) serta menampilkan output suara (via active speaker)
o Pada perangkat ini terjadi konversi bentuk analog menjadi format digital atau sebaliknya.
LAN Card (NIC)v
o Piranti yang memungkinkan sebuah komputer bisa terhubung ke jaringan komputer
Power Supply Unit (PSU))v
Piranti penyedia sumber arus listrik bagi seluruh perangkat sistem yang ada
Mouse, piranti penunjuk (pointing divice) untuk memberikan masukan dalam bentuk menu yang disajikan oleh dalam programv
Keyboard, Piranti pemberi masukan data (dan juga perintah dengan cara menekan tomnol2 kunci yang tersedia di dalamnyav
CD Drivev
- Piranti penggerak dan pembaca file pada media compact disk
- CD Drive yang berfungsi hanya membaca file saja sering disebut CD ROM
- CD Drive yang mempunyai kemampuan membaca maupun menulis file
dalam media compact disc disebut sebagai CD R/W drive
Peripheralv
o Printer, untuk mencetak keluaran pada media kertas
o Scanner untuk memindah citra analog menjadi citra digital
o LCD Projector, untuk memproyeksikan keluaran dari computer ke sebuah layer lebar
o Microphone, untuk memberikan masukan suara analog ke computer serta mengubahnya menjadi format digital
o Active Speaker, untuk menampilkan keluaran berupa audio/suara
o Webcam, untuk memberikan masukan berupa citra bergerak (video) maupun photo (still image)
o Headset, Untuk menampilkan keluaran berupa suara sekaligus dapat juga dipakai untuk memberikan masukan suara ke computer.
Sumber : http://ziaulmuhammad.blogspot.co.id/2013/02/fungsi-dan-proses-kerja-komputer.html
Tugas Dasar – Dasar Pemrograman
Nama : Aditio
Mukhlis
Prodi : Teknik Informatika
Nim : 1600018127
Tidak ada komentar:
Posting Komentar